Comment

 

Tuesday, December 4, 2018

Cara Membuat TABEL,QUERY, FORM,dan REPORT pada Microsoft Access 2007

0 comments
Tutorial QUERY, FORM,dan REPORT 
Microsoft Access 2007



 A. TABEL

1. Buatlah File Database dengan nama Form Report, Setelah itu klik Create
 
2. Pada View, Kemudian Pilih Design View


3. Kemudian Buatlah tabel baru dengan nama Dosen
 

4. Tulis Spesifikasi Tabel seperti gambar dibawah


5.  Setelah selesai, klik View pilih Datasheet View


6.  Isi  Record sesuai dengan gambar dibawah



B. QUERY

1. Pada bagian menu Create, Pilih Query Wizard


2. Klik OK


3. Pastikan tables/queries yang dipilih adalah Dosen, Kemudian tekan tombol >> (Add All) ,lalu Next


4.  Lalu pilih Modify the query design, Lalu klik Finish


5. Pada kolom yang kosong, Klik Kanan Kemudian pilih Build


6. Lalu tuliskan "Total gaji :", Selanjutnya Klik 2x Pada Gaji Pokok dan Tunjangan, Kemudian hapus tulisan yang di coret merah


7. Karena disini kita ingin menambahkan Gaji Pokok dan Tunjangan, Maka masukkan tanda "+"  ditengah-tengahnya, Seperti Gambar dibawah


8. Jika sudah, maka pada tabel akan bertanda ceklis


9. Pada View, Pilih Datasheet View


10. Jika Berhasil, Maka akan Tampil kolom TOTAL GAJI hasil penjumlahan dari Gaji Pokok dan Tunjangan



C. FORM

1. Pada Menu Create, Pilih Form
 

2. Jika sudah, maka tampilannya seperti gambar dibawah. Kemudian klik kanan pilih Save


3. Buat Form dengan nama Form Dosen, Jika sudah OK


4.  Pada View, Pilih Form View


5. Hasilnya akan seperti gambar dibawah


6. Apabila ingin meng edit tampilan, pada View Pilih Design View


7. Klik Menu Format, Bagian Font untuk mengatur format tulisan dan Background Image untuk menambahkan gambar untuk Latar belakang


8. Jika sudah selesai meng Edit, pada View Pilih Form View


9. Selesai



D. FORM WIZARD

1. Pada Menu Create, pilih Form Wizard
 

2.  Pastikan tables/queries yang dipilih adalah Dosen Query, Kemudian tekan tombol >> (Add All) ,lalu Next


3. Pilih Columnar, Next


4. Ganti nama menjadi Dosen Form Wizard, Kemudian OK


5. Jika sudah, Maka tampilannya seperti gambar dibawah ini


6. Apabila ingin meng edit tampilan, pada View Pilih Design View


7. Klik Menu Format, Bagian Font untuk mengatur format tulisan dan Background Image untuk menambahkan gambar untuk Latar belakang


8.  Jika sudah selesai meng Edit, pada View Pilih Form View


9. Selesai



E. REPORT WIZARD

1. Pada Menu Create, pilih Report Wizard
 

2. Pastikan tables/queries yang dipilih adalah Dosen Query, Kemudian tekan tombol >> (Add All) ,lalu Next


3. Klik Next


4.  Pilih field NIK pada bagian no 1 (Ascending), Lalu klik Next


5. Pada Layout, pilih jenis tampilan laporan sesuai keinginan anda misalnya untuk latihan ini menggunakan jenis Tabular dan pada Orientation (jenis kertas) pilih Portrait, kemudian klik tombol Next


6. Ganti nama menjadi Dosen Report, Kemudian Finish


7.  Hasilnya seperti gambar dibawah


8. Aturlah tampilan sesuai keinginan pada Design View


0 comments:

Post a Comment

 
Rizky Wara | Blog © 2017 .