Comment

 

Monday, November 20, 2017

Prinsip dan Cara Kerja Vpn Server - Administrasi Server kelas XII

0 comments

Prinsip dan Cara Kerja VPN Server
VPN (Virtual Private Network) yaitu sebuah koneksi private yang melalui jaringan publik (dalam hal ini internet). Disini ada 2 kata yang dapat kita garis bawahi yaitu:
•    Virtual Network, yang berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual. Tidak ada koneksi jaringan secara riil antara 2 titik yang akan berhubungan.
•    Private, jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.
Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

Prinsip Vpn:
Setelah anda memahami pembagian jaringan berdasar wilayah atau area, VPN ini bisa di implementasikan pada jaringan local maupun berbeda area. Salah satu contoh perusahaan A mempunyai banyak cabang yang lokasinya tersebar di beberapa kota atau negara, lalu bagaimana menghubungkan semua lokasi dan membentuk sebuah LAN ?, disinilah konsep VPN dapat diterapkan.
VPN merupakan sebuah konsep jaringan yang dapat menghubungkan beberapa LAN yang lokasinya berjauhan, media yang digunakan adalah media jaringan publik seperti kabel telepon, kabel fiber optic dan lain sebagainya.
Dengan VPN ini seolah kita membuat jaringan didalam jaringan, yang biasa disebut Tunnel (terowongan), dan melakukan proses Tunneling atau membuat jalur pribadi yang menggunakan infrasturktur pihak ke tiga,


Dibawah ini adalah gambaran tentang koneksi VPN yang menggunakan protokol PPTP. PPTP (Pont to Point Tunneling Protocol) adalah sebuah protokol yang mengizinkan hubungan Point-to Point Protocol (PPP) melewati jaringan IP, dengan membuat Virtual Private Network (VPN).


Dari gambar di atas secara sederhana cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) adalah sebagai berikut:
•    VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
•    Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
•    Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.
•    VPN mendukung banyak protokol seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCK. Protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.
•    VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenangan di jaringan.
•    Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan. hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringasn yang lebih besar.
•    Teknologi saat ini semakn banyak mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini Virtual Private Network juga membuka jalan untuk koneksi WiFI dan jaringan nirkabel pribadi.

Baca Juga :
 •    Pengertian, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Vpn Server -  KLIK DISINI
  
 •    Instalasi beserta Konfigurasi VPN Server -  KLIK DISINI 

•    Pengujian VPN Server -  KLIK DISINI 

0 comments:

Post a Comment

 
Rizky Wara | Blog © 2017 .