Comment

 

Friday, September 8, 2017

Jaringan Nirkabel TKJ Kelas XII - Soal beserta Kunci Jawaban

0 comments

SOAL :
1.Cari pengertian antena yagi,antena grid,antena omni dan wajan bolic
2.Cari kelebihan dan kekurangan masing-masing antena
3.Cari gambar beserta harga terbaru antena-antena tersebut

JAWABAN :

1. Pengertian antena yagi,antena grid,antena omni dan wajan bolic :

   A.  Antena Yagi


     Antenna Yagi adalah jenis antenna radio atau televise yang diciptakan oleh Hidetsugu Yagi dan Dr. Shintaro Uda. Antenna Yagi digunakan secara luas dan merupakan salah satu antenna dengan desain paling sukses dan banyak digunakan untuk aplikasi RF direktif. Antenna Yagi digunakan untuk menerima atau mengirim sinyal radio. Antenna ini dulu banyak digunakan pada Perang Dunia Ke-2 karena antenna ini mudah dibuat dan tidak terlalu ribet.
     Antena Yagi adalah antenna directional, artinya dia hanya dapat mengambil atau menerima sinyal pada satu arah (yaitu depan), olek karena itu antenna ini berbeda dengan antenna dipole standar yang dapat mengambil sinyal sama baiknya dalam setiap arah. Antenna Yagi biasanya memiliki Gain sekitar 3-20 dB.

    Antena Yagi mempunyai bentuk menyerupai ikan teri. Sama seperti antenna grid, antena ini juga mempunyai cakupan yang searah. Perbedaan utama dari antena Yagi dengan Grid adalah antena ini cukup jarang digunakan dalam jaringan. Biasanya antenna ini akan diarahkan ke pemancar. Antena ini terdiri dari 3 bagian, meliputi driven, reflector, dan director. Driven merupakan titik catu dari kabel antena. Panjang fisik driven biasanya adalah setengah panjang gelombang frekuensi radio yang diterima atau dipancarkan. Reflektor merupakan bagian belakang antena yang digunakan untuk memantulkan sinyal. Panjang fisik reflector biasanya lebih panjang dari driven. Sedangkan director merupakan bagian pengarah antenna. Bagian ini ukurannya lebih pendek dari driven.

Kelebihan :
Penguatan dapat kita atur sesuai kebutuhan
Menggunakan prinsip antena direksional
Bisa digunakan pada frekuensi tinggi
Kekurangan :
Bahan untuk merangkai cukup banyak
Pembuatan dan perhitungan relatif sulit

B.  Antena Grid


     Antena grid adalah antena outdoor yang biasanya dipasang pada hotspot untuk jarak tembak sinyal yang cukup jauh sekitar 15 Km. Kekuatan sinyal antena grid ini bisa dibanggakan, karena memiliki jangkauan sinyal sekitar 15 – 45 Km asalkan pada posisi loss (tidak ada hambatan).
Antena WiFi jenis ini mempunyai bentuk seperti jaring. Cakupan antena grid hanya searah sehingga antena jenis ini biasanya dilengkapi dengan pasangan antena yang dipasang di tempat lain atau antena pemancar sinyal. Antena tersebut diarahkan ke antena pemancar sehingga sinyal yang diterima akan lebih kuat. Fungsi antena grid adalah menerima dan mengirim sinyal data melalui system gelombang radio 2,4 MHz.

Kelebihan :
Harga lebih murah dari antena omni
Jarak sinyal lebih jauh
Kekurangan :
Daerah persebaran sinyal relatif lebih kecil dari pada antena omni yaitu sekitar 15 derajat.
Sulit memasang agar mendapatkan sinyal yang bagus untuk jarak tembak sinyal yang sangat jauh.


C.  Antena Omni


    Antena OmniDirectional terkadang disebut sebagai antena nondirectional, adalah sebuah perangkat penerima yang mampu mengirim dan menerima sinyal dari segala arah. Antena jenis ini dapat digunakan untuk menerima sinyal siaran televise atau siaran audio dari stasiun radio, atau memungkinkan perangkat robot untuk dioperasikan dengan menggunakan microwave atau teknologi wireless. Handphone atau layanan telepon selular, serta koneksi internet nirkabel menggunakan antena omnidirectional sebagai bagian dari proses broadcasting sinyal stabil ke perangkat tersebut.
   Antena WiFi yang satu ini memiliki bentuk menyerupai tongkat namun lebih kecil. Antena ini mempunyai cakupan yang lebih luas daripada antena Grid. Cakupan antena ini menyebar ke semua arah dan membentuk seperti semacam lingkaran. Jenis antena ini biasanya digunakan pada jaringan WAN dengan tipe konfigurasi Point to Multi Point atau P2MP. 
    Antena Omni berfungsi untuk melayani cakupan area yang luas tetapi dengan jangkauan yang pendek. Dengan jangkauan area yang luas, kemungkinan di area ini juga akan terkumpul sinyal lain yang tidak diinginkan. Jenis antena ini sangat cocok digunakan untuk system koneksi point to multipoint atau koneksi hotspot.

Kelebihan :
Mempunyai frekuensi jaringan sampai 3600
Cara membuatnya mudah
Tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya
Dapat melayani jumlah pengguna lebih banyak
Daya lebih luas

Kekurangan :
Proses konneksi ke internetnya lama, karna terlalu banyak membagi-bagi sinyal di 3600 tersebut
Pengalokasian frekuensi untuk tiap sel agar tidak terjadi interferensi
Penggunaan dan penghamburan energi yang besar dalam proses membroadcast 360


C.  WajanBolic


     Antena ini dinamai dengan Wajan Bolic karena antena ini hampir sama dengan antena parabolic. Antena ini cukup sederhana karena bahan untuk parabolic disc menggunakan wajan atau alat dapur yang sering digunakan untuk memasak. Antena Wajan Bolic berfungsi untuk memperkuat sinyal nirkabel dari hotspot yang karena lokasinya terlalu jauh sulit diterima oleh USB Wireless Adapter jika hanya langsung terhubung dengan laptop atau PC.

Kelebihan :
Jaringan lebih cepat daripada modem
Dapat di pasang dengan cepat dan mudah sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak.
Murah

Kekurangan :
Karena berupa 'solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat
Level daya yang dipancarkan tidak bisa dikendalikan dengan baik.
Tidak sesensitif antena parabola asli dalam menangkap gelombang sinyal
Tidak tahan lama, harus melakukan kalibrasi ulang berkali-kali.


3. Gambar beserta harga terbaru antena-antena tersebut :


A. Antena Yagi

Antena Yagi TRX 185
Rp 481.000                                         






B. Antena Grid

2.4GHz 24dBi Grid Parabolic Antenna
TL-ANT2424B
Rp.470.000,-




C. Antena Omni

cTP-LINK TL-ANT2415D : 2.4GHz 15dBi Outdoor Omni-directional Antenna
Rp479.000



D. Antena Wajan Bolic

Hotspot RT RW NET - Penguat Sinyal, Wireless , Wifi , Modem, 3G, 4G, Router.
Rp 750.000







Sumber:


0 comments:

Post a Comment

 
Rizky Wara | Blog © 2017 .